Laman

Senin, 05 Mei 2014

stand up comedy lamongan

Stand up comedy
orang  itu kok ngomong sendiri , ngelawak sendiri , kayak orang punya dunia sendiri . ya itulah yang di namakan stand up comedy , seorang yang melawak sendiri di atas panggung dengan menyampaikan hal hal yang biasa di dalam ruang lingkup kita , seperti kegiatan sehari hari , social , pendidikan , politik , dan kesatuan Negara ., semua itu di sampaikan melalui cara pandang si comic (sebutan pelaku stand up comedy) itu sendiri dangan cara yang lucu , jenaka , dan pasti’nya dapat menghibur penonton .  mayoritas para pelaku stand up comedy (comic) itu seorang yang cerdas , terampil , dan sangat peka , bisa di lihat dari mereka dalam menyampaikan sebuah joki dari suatu hal yang realita , yang awal’nya nggak lucu menjadi sebuah hal yang lucu , itu sangat luar biasa bukan .
    
     Akhir akhir ini , stand up comedy sudah menjadi trend dalam kanca hiburan di Indonesia , bukan hanya pertunjukan pertunjukan  band music , pertujukan teater , dll . stand up comedy adalah pertunjukan  yang sekarang banyak di sukai oleh semua kalayak , yang jadi pertanya’an adalah apakah stand up comedy hanya akan menjadi trend sesaat , apakah hanya menjadi admofir sejenak ,  dan kalau sudah nggak asik lagi akan di tinggal’kan begitu saja .? .. saya jawab , TIDAK , kenapa tidak ?? karena stand up comedy bukan’lah hiburan sesaat , tapi stand up comedy itu adalah sebuah genre , dimana acara itu adalah komedy , contoh misal’nya ada orang yang sangat suka dengan music jazz , apakah suatu saat nanti orang itu akan berpindah selera , dari jazz ke campur sari ? ,, tentu tidak , lalu yang sebanar’nya itu sama hal nya dengan stand up comedy , dimana genre itu adalah sebuah pilihan seseorang  , semua tergantung selera seseorang , dan bila di lihat sekarang ini stand up comedy  adalah acara yang sudah mempunyai kapasitas yang tinggi sejajar dengan hiburan hiburan lain’nya , apakah suatu saat nanti akan hilang , music banyak yang suka dan dia tak bisa hilang begitu saja , lalu stand up comedy banyak yang suka dan apakah bisa hilang ??? .. itu selera orang dan tentu  tidak akan pernah hilang .
  Kalau bicara sejarah stand up comedy , saya tidak tau banyak tentang hal itu karena stand up comedy berasal bukan dari Indonesia , stand up comedy berasal dari barat , AMERIKA  , budaya amerika lah yang mengenalkan Indonesia tentang stand up comedy , lalu itu memang budaya barat apakah pantas untuk di budidayakan di Negara kita , apa itu baik , saya rasa itu tidak masalah , dan itu juga baik baik saja , siapa yang melarang , kalau memang itu di larang kenapa warga Indonesia 90% (angkanya ngarang) suka dengan sepak bola ,, padahal sepak bola sendiri bukan berasal dari Indonesia , tapi kenapa sekarang semua orang Indonesia bangga dengan sepak bola , suka dengan sepak bola , dan bahkan menjadi cabang olah raga paling populer di Indonesia bahkan sedunia , dengan itu saya berfikir stand up comedy sah sah saja di Negara kita , toh buktinya stand up comedy sendiri  juga banyak yang suka ,  banyak comic comic baru , dan banyak’nya orang yang berbondong bondong menyaksikan pertujukan itu walaupun harga tiket yang terkadang mahal , untuk kalangan menengah ke bawah  . :)

 Semua itu beda dengan beberapa tahun yang lalu , tahun’nya lupa sih ,bulan nya juga lupa , tanggal’nya lupa juga ,apalagi hari’nya . ah nggak penting yang terpenting adalah momend’nya men , dimana stand up comedy masih belum seperti ini , masih asing , masih langkah , dan masih perawan di mata Indonesia , lalu siapa yang mengenal’kan secara detail tentang stand up comedy di Indonesia , siapa kah orang’nya ?? kalau penasaran , yaudah saya perkenal’kan , nama’nya adalah “pandji pragowaksono”  emm tolong jangan pernah katakan kalau kalian tidak kenal dengan orang ini , tolong jangan , kasian dia kan , sudah lumayan lama jadi artis eh masih ada yang belum kenal , ngaku lagi , parah lo semua  !!!! .. hahahaha , kalau yang sudah kenal atau yang belum kenal dan pertama kali mendengar nama’nya , saya beri tau dia itu artis yang ketal dengan image acara “kena deh !!” iya orang yang kepo itu , yang suka mondar mandir di jalan kayak cabe cabe’an  mencari mangsa , lalu Tanya Tanya segala macem , terus kalau bisa jawab di kasih uang , terus bilang “Kena dehh” ..  tu kan udah inget kan , iya orang’nya memang kayak gitu , nggak ada ganteng’nya  .
   
Menceritakan tentang jasa pandji tentang stand up comedy berawal dari kesadaran dia sendiri , seperti buku’nya  yang saya baca “merdeka dalam bercanda” buku ini dia tulis sendiri dengan tangan’nya sendiri bukan tangan tukang ojek langganan’nya bukan ! dia menulis buku itu menceritakan tentang sejarah stand up comedy indonesia , dialah orang pertama yang mengenalkan stand up comedy di Indonesia , apa yang dia lakukan yaitu dengan cara mengapluod vidio’nya saat ber stand up  dan di pasangkan’nya ke youtube , dan itu adalah yang pertama kali’nya di Indonesia , dia memberi kata kunci dengan nama stand up comedy Indonesia , sehingga bila ada orang yang mengetik kata kata itu yang keluar adalah video pandji , karena sebelum’nya memang belum pernah ada sebelum pandji melakukan’nya , berbagai perjuangan yang di lakukan pandji , walau begitu pandji tidak sendirian , banyak pihak yang  membantu pandji , banyak sih tapi salah satu yang saya ingat itu komedian legendaris Indonesia yaitu indro warkop dan penulis muda  raditiya dika , mungkin masih banyak lagi tapi yang saya ingat hanya itu .  dengan bantuan banyak pihak , dan kegigihan pandji dan kawan kawan dalam menjadikan stand up comedy sebagai kegiatan yang menarik , di sukai banyak orang dan menjadikan stand up comedy menjadi sebuah profesi seseorang ,  dan seperti yang kita lihat sekarang , bagaimana pendapat kalian ?? saya tau pasti kalian berpendapat sama dengan apa yang saya rasakan , iya kalau begitu marilah kita ucap’kan selamat kepada mereka semua .. “SELAMAT KALIAN HEBAT , DAN BERHASIL”  

  
Emm , kalau membayangkan cerita itu , rasanya saya kagum dengan mereka , terkadang saya juga berfikir “bisa nggak ya gue kayak mereka” ..  fikiran itu selalu membelenggu di  pikiran saya , karna jujur ya , kota saya adalah salah satu kota yang masih buta tentang stand up comedy , bener nggak ya ?? kayak’nya sih gitu J ,,  hahaha saya nggak tau pasti sih , tapi kalau di lihat secara mata telanjang , stand up comedy sendiri belum pernah ada di kota saya , komunitas’nya  nggak ada , acara acara’nya  juga nggak pernah ada , tuh kan masih buta , emm mukin nggak kali ya , mereka sebanar’nya nggak buta tapi hanya belum ada niat untuk meng – ada – kan’nya  dan mungkin belum pernah terfikirkan oleh mereka tentang mendirikan stand up di kota kita , kota saya kota di mana saya makan , tidur , buang air , dan segala macem , atau dimana saya berkehidupan .  terkadang saya iri dengan kota kota tetangga , seperti Surabaya , malang , semarang , jogja , dan masih banyak lagi , kenapa LAMONGAN sendiri belum aaaaaaaaaaaaadddddddddddddaaaaaaaaaaaa ….?   kenapaaa ??? , saya yakin LAMONGAN adalah kota para seniman , kota para karya wan ,,… tapi kenapaaaaaaaaa  ,,, satu kata yang tepat untuk menjawab “belum ada kemauan” .
    Saya bertempat tinggal di kota besar LAMONGAN , kota yang masih asri , damai (kalau nggak ada acara dangdut J) , kota hijau , masih kental dengan budaya nenek moyang , entah nenek’nya siapa nggak tau juga ,  dan berbagai bagai pula makanan makanan cirikhas’nya , seperti soto babat , wingko babat , nasi boran . semua’nya sangat langkah sekali di kota lain selain kota lamongan . dengan melihat semua itu sebenar’nya kita sebagai para pemuda penerus kota kita , kita harus tunjukan kepada semua kalau kita bisa berkarya , bisa kreatif , tunjukan hal hal positif , jangan tawuran melulu , malu men , udah gede suka’nya tawuran , suka’nya saling timpuk sana timpuk sini , kayak anggota DPR  saja .  eh jujur ya LAMONGAN adalah kota paling rawan tawuran tau nggak , ada acara dikit tawuran , dikit dikit tawuran , sampai sampai pemerintahan kota melarang semua kegiatan acara di kota lamongan , seperti acara dangdut (boleh tapi harus siang hari , kalau malem tawuran , padahal meskipun siang terkadang tawuran juga sih) , lalu seperti festival festival band juga di larang untuk ke lamongan .,  tuh kan yang rugi siapa ? semua’nya begok , yang nggak suka tawuran kena getah’nya juga kan , boro boro acara yang panggung’nya gede , panggung setinggi mata kaki’pun  di sempet sempetin tawuran juga ,  sampai merenggut nyawa lagi . PARAH ! . kalau ngomongin tawuran  melulu leptop jadi kabanting ini !!!!!! . sabar sabar sabar , orang sabar di sayang tuhan plus pacar plus ibu kost kost’an (ciee biar nggak jadi  di tagih ) ,. Meskipun seperti itu masih banyak kok hal yang positif dari pada negatif’nya , jadi masih amaannnn , hahaha .
   
Oiya lanjut ke pembahasan , sebenar’nya saya adalah salah satu minoritas yang ingin mendirikan stand up comedy di lamongan , walau saya tidak begitu yakin , cenhel saya pun nggak seberapa luas , nggak mungkin juga kalau saya mendirikan’nya sendirian ,  lagipula saya belum pernah open mic sebelum’nya ,. Sebenar’nya sih pengen J cuman belum ada tempat’nya aja sih , belum ada komunitas , dan juga saya masih perlu banyak belajar dalam mencari bahan . biasa’nya saya sering juga ber stand up di depan banyak pasang mata tapi mereka tidak tau kalau saya sedang  ber stand up , yaitu pada saat dimana saya ber presentasi di depan kelas , sekalian aja stand up di sana .. hahaha .  toh lagi pula banyak juga temen temen yang ketawa , tapi mereka nggak sadar kalau saya lagi ngetes bit saya ,,,  mereka bagaikan klinci percoba’an  saya dengan tidak langsung ,. J  . lalu satu lagi yang membuat saya masih bimbang untuk mendirikan stand up comedy , yaitu masalah ngomong’nya , bahasa indonsia saya masih buruk, yah masih patah patah gitu , karena di lingkungan saya sendiri  itu semua menggunakan bahasa jawa , jadi ya kalau ngomong bahasa indonsia dengan lancar pasti perlu latihan kushus untuk saya , biar lebih mantep aja kalau menyampaikan bit dalam ber stand up , kadang banyak loh yang sebetul’nya bit’nya  lucu tapi dalam penyampaian’nya sendiri kurang tepat , ya mau nggak mau jadi garing deh .  karena stand up comedy seperti yang kalian tau itu kan hanya mengandalkan bahasa verbal si comic , beda dengan comedy comedy lain’nya yang mengandalkan kelompok  , seperti srimulat , ludruk , lenong , OVJ , dll , mereka sih gampang karena mereka lebih mengandal’kan kerja kelompok dalam berkomedy , tapi kalau stand up sendirian men , kalau ngebom (kegagalan penyampaian bit) itu nggak ada yang ngebantu selain dirinya sendiri .
  Itulah keistimewaan stand up comedy di mata saya , saya mempunyai mimpi untuk mendirikan komunitas stand up comedy di kota saya , dan sebelum itu saya juga perlu banyak belajar ngomong Indonesia dengan lancar , dan pintar membuat materi , kalau semua sudah matang baru deh usaha ngebuat komunitas yang belum pernah ada di kota ini , yaitu STAND UP COMEDY LAMONGAN . 
Susah sih , tapi pasti bisa kok ! J , kata pandji … untuk saya ,.!
SEMANGAT !

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ikut komunitas dulu boyy. jangan mendirikan komunitas tanpa modal. harus mengerti tentang struktur materi stand up yang baik. combud atau konsultasi bit bitmu.

Unknown mengatakan...

ya begitulah ,,, agak susah ya !!??